Senin, 05 Maret 2012

My Book
Penulis: Alkadri, M.Ag, Judul: Takhrij Hadis (Studi tentang Mencelupkan Lalat yang Menghinggapi Tempat Minum), Penerbit: Sedaun, Cetakan 1, Februari, 2012, Jakarta, ISBN 13: 978-602-8236-89-8
 
Nabi Saw bersabda bahwa pada sebagian tubuh lalat terdapat obat dan penyakit, tatkala lalat menghinggap ke dalam tempat minum atau bejana, hendaklah dicelupkan agar bakteri penyakit yang masuk menjadi musnah oleh kandungan obat yang terdapat dalam bagian tubuh lainnya.
Sabda Nabi Saw tersebut menjadi topik diskusi yang seolah-olah tiada habisnya, khususnya tentang validitasnya. Terdapat tiga pandangan terkait dengan hal ini, yaitu: (1) Bagi sebagian pemikir Islam menjadikan argumentasi ilmiah dan sains sebagai kriteria menguji validitas Hadis, (2) Bagi kalangan tradisional menolak dijadikannya sains sebagai kriteria menguji kebenaran Hadis, (3) Bagi pemikir Islam moderat, berpandangan bahwa sains dapat dijadikan penguji validitas Hadis.
Sisi lain, bagi kalangan saintis berusaha mencari rahasia disebalik lalat dengan melakukan penelitian ilmiah. Akan tetapi, sejauh manakah pendekatan ilmiah ini dapat memberikan jawaban yang bisa dipahami dan diterima oleh semua pihak.
Buku ini memberikan jawaban perihal validitas Hadis tersebut dengan menerapkan takhrîj sebagai metode dalam menetapkan kehujahan Hadis. Menjadikan pendekatan sains dalam studi Hadis, menyampaikan hasil penelitian ilmiah tentang lalat oleh para ilmuwan modern.
Hal ini dilakukan agar pembaca dapat gambaran yang utuh terkait tentang kualitas, validitas, sejarah serta menjadikan hasil temuan ilmiah sebagai data pembanding  dalam memahami Hadis secara tepat dan menyeluruh. Sehingga diharapkan dapat menawarkan solusi yang dapat dipahami oleh semua pihak

1 komentar: